09 Februari 2016

Pemahaman Dasar Tentang Insulin, Apa Itu Insulin?


Insulin adalah hormon yang dibuat oleh pankreas yang memungkinkan tubuh Anda untuk menggunakan gula (glukosa) dari karbohidrat dalam makanan yang Anda konsumsu untuk dijadikan energi atau untuk menyimpan glukosa sebagai cadangan di waktu mendatang. Insulin membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh tidak menjadi terlalu tinggi (hiperglikemia) atau terlalu rendah (hipoglikemia).

Sel-sel dalam tubuh Anda membutuhkan gula untuk energi. Namun, gula tidak bisa masuk ke sebagian besar sel-sel Anda langsung. Setelah kita mongkonsumsi makanan dan akan terjadi peningkatan gula, sel-sel di pankreas (dikenal sebagai sel beta) mengisyaratkan untuk melepaskan insulin ke dalam aliran darah. Insulin kemudian menempel lalu sel menyerap gula dari aliran darah. Insulin sering digambarkan sebagai "kunci", yang membuka sel untuk memungkinkan gula masuk ke dalam sel dan digunakan untuk energi.

Jika Anda memiliki lebih banyak gula dalam tubuh Anda melebihi kebutuhannya, insulin membantu menyimpan gula di dalam hati (liver) dan akan dilepas ketika tingkat gula darah Anda rendah atau jika Anda membutuhkan lebih banyak gula, seperti di antara waktu makan atau selama aktivitas fisik. Oleh karena itu, insulin membantu mengimbangi kadar gula darah dan membuatnya dalam batas normal. Jika kadar gula darah meningkat, pankreas mengeluarkan lebih banyak insulin.

Jika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau sel-sel Anda tahan terhadap efek insulin (resistensi insulin), Anda dapat beresiko mengembangkan hiperglikemia (gula darah tinggi), yang dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang jika kadar gula darah tetap meningkat selama jangka waktu yang lama. Hal inilah yang kemudian disebut dengan diabetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar