01 Februari 2016

Manfaat Buah Anggur Dalam Mengatasi Penyakit dan Gangguan Tubuh

Ilustrasi, makan anggur hijau/foto: dailymail

Tanpa kita sadari bahwa buah anggur kaya manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Sejumlah penyakit dan gangguan pada tubuh dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah anggur yang cukup sesuai dengan kadarnya.


Mengkonsumsi buah anggur tidak dibatasi oleh jenis buah anggur tertentu saja atau dalam bentuk olahan. Di dunia ini banyak sekali jenis buah anggur dan sama-sama memiliki khasiat bagi kesehatan. Seperti buah anggur merah, hijau, ungu, anggur tanpa biji, jelly anggur, selai anggur dan jus anggur. Termasuk kismis, juga memiliki manfaat.

Nah, berikut ini manfaat buah anggur dalam mengatasi penyakit dan gangguan tubuh:

1. Kanker

Anggur memiliki kandungan antioksidan yang kuat yang disebut dengan polifenol yang bisa memperlambat dan mencegah beragam jenis kanker. Seperti kanker paru-paru, kanker usus, prostat, kanker pankreas, endometrium dan esofagus. Diyakini, kandungan polifenol yang terbaik adalah yang terdapat di kulit buah anggur merah yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

2. Penyakit Jantung

Terkait penyakit jantung, buah anggur memiliki sejumlah senyawa kimia alami yang bisa mengatasi beragam jenis kelainan jantung:

- Quercetin Flavonoid merupakan anti-inflamasi alami yang mampu menngurangi resiko aterosklerosis dan melindungi kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol. Quercetin juga berperan sebagai anti-kanker.
- Polifenol berguna mengurangi resiko serangan jantung atau gagal jantung. Selain itu, polifenol mampu mengurangi tekanan darah tinggi. Bagian buah anggur yang memiliki polifenol tinggi adalah di bagian kulit, terutama pada anggur merah.
- Serat dan potasium dalam anggur mendukung kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi 4069 mg potasium per hari memiliki 49% resiko lebih rendah dari kematian akibat penyakit jantung iskemik atau jantung koroner.
- Kalium berguna untuk menurunkan resiko stroke, menjaga massa otot dan memelihara kepadatan mineral tulang serta mengurangi resiko batu ginjal.

3. Tekanan Darah Tinggi

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa buah anggur mengandung kalium dan potasium yang berguna menstabilkan tekanan darah, khususnya menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut Survei Kesehatan dan Gizi Ujian Nasional Amerika Serikat, kurang dari 2% dari orang dewasa AS memenuhi harian rekomendasi 4700 mg untuk potasium.

Juga, asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan 20% penurunan risiko kematian akibat semua penyebab.

4. Konstipasi atau Sembelit

Buah anggur kaya akan kandungan serat yang berguna bagi pencernaan. Selain itu, kandungan air pada buah anggur pun juga tinggi sehingga membuat anda terhidrasi (cairan tubuh cukup) dan buang air besar lancar.

5. Alergi

Karena buah anggur memiliki Quercetin sebagai anti-inflamasi atau peradangan maka anggur dapat membantu meringankan gejala-gejala alergi seperti hidung meler, mata berair dan gatal-gatal.

6. Diabetes

Sebuah penelitian mengungkapkan hasil bahwa beberapa buah tertentu yang dikonsumsi secara langsung tidak dijus dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2 pada orang dewasa. Selama penelitian, 6,5% dari peserta mengembangkan diabetes, namun para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi tiga porsi per minggu dari blueberry, anggur, kismis, apel atau pir mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 7%.

7. Neuropati and Retinopati

Kedua istilah di atas merupakan gangguan yang dihasilkan dari diabetes dalam kondisi parah. Neuropati berarti gangguan atau kerusakan saraf yang disebabkan gula darah tinggi di dalam tubuh sehingga saraf rusak dan dapat menerima sinyal dari otak. Demikian pula dengan retinopati yang merupakan bagian dari dampak buruk diabetes yang tidak terkendali. Akibatnya adalah gangguan pandangan pada mata, dan yang paling parah adalah kebutaan.

Buah anggur memiliki kandungan resveratrol yang berguna meningkatkan kelangsungan hidup sel dan memperbaiki saraf yang rusak. Biasanya, penerapan pengobatan dengan resveratrol diberikan kepada penderita kanker dan gangguan saraf, termasuk neuropati.

8. Jerawat

Menurut Dermatology and Therapy Journal bahwa jerawat bisa diatasi secara alami dengan mengkonsumsi anggur. Hal ini dikarenakan anggur mengandung anti-inflamasi yang tinggi yang dapat mengurangi peradangan. Juga, mengandung resveratrol yang berguna memperbaiki sel dan saraf yang rusak karena jerawat. Konsumsi buah anggur untuk terapi jerawat bisa dikombinasikan dengan obat-obatan yang telah ada.


#Semoga bermanfaat.
Referensi: medicalnewstoday.com dan wikipedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar