09 Februari 2016

Definisi Diabetes Mellitus Tipe 2 dan Asal-usulnya

Foto: diabetesdestroyerreviewss

Sebelum masehi diabetes mellitus sudah dikenal, saat itu ada seorang dokter Yunani, Aretus, mempelajari penyakit yang berhubungan dengan buang air kecil yang berlebihan karena kelainan atau gangguan. Sejak itu, Aretus sebut "diabainein", yang berarti sebuah siphon atau aliran.


Kata diabetes pertama kali digunakan sejak 1425 SM. Adapun kata "Mellitus" berasal dari bahasa Yunani yang berarti manis semanis madu. Ini selalu dikaitkan dengan diabetes mellitus baik sebagai menggambarkan kondisi tubuh yang mengalami masalah kesehatan yang ditandai dengan buang air kecil yang berlebihan disertai dengan bau manis urin pasien. Kata mellitus digunakan pada tahun 1675 SM.

Diabetes Mellitus dibagi menjadi tiga bagian, mereka diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan gestational diabetes. Di sini, saya hanya fokus membahas dan menjawab pertanyaan apa itu diabetes mellitus  tipe 2? Pembahaasan tentang diabetes tipe 1 dan diabetes gestasional, dibahas di artikel yang lain.

Secara singkat, diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi di mana pankreas tidak menghasilkan insulin yang cukup yang diperlukan tubuh. Atau diabetes tipe 2 juga berarti suatu kondisi di mana tubuh (sel) tidak akan menanggapi insulin yang dihasilkan, sehingga glukosa dalam darah tidak dapat menyerahkan ke sel-sel tubuh. Penyebab utama dari diabetes tipe 2 adalah obesitas, gaya hidup yang tidak sehat dan faktor keturunan.

Gejala umum dari diabetes tipe 2 adalah sering buang air kecil, rasa haus, lapar dan sangat mengantuk. Ini adalah gejala ringan pada awalnya. Seiring waktu, jika diabetes tipe 2 tidak mendapatkan perawatan yang tepat dan cepat akan mengembangkan diabetes parah. Umumnya ditandai dengan borok yang tidak sembuh, rasa sakit di kaki dan penurunan berat badan drastis.

Diabetes Mellitus adalah penyakit kronis yang menyebabkan berbagai penyakit menakutkan dan mematikan (komplikasi), seperti gagal ginjal, penyakit jantung, kebutaan dan kerusakan sistem saraf.
Mengapa penderita diabetes tipe 2 lebih banyak daripada jenis lain dari diabetes? Karena, diabetes tipe 2 muncul sebagian besar dipengaruhi oleh gaya hidup (kurang olahraga, merokok, alkohol, junk food dan soda) dan faktor keturunan serta ras.

Diabetes tipe 2 dapat diatasi secara alami dengan cara diet, olahraga teratur dan program penurunan berat badan. Dalam beberapa kasus, pasien dengan diabetes tipe 2 disarankan mengambil pengobatan medis untuk diabetes tipe 2 dan insulin jika diperlukan atas saran dokter.

Itu adalah penjelasan singkat serta menjawab pertanyaan tentang apa itu diabetes mellitus tipe 2. Jika Anda ingin informasi lebih lanjut tentang diabetes tipe 2, Anda dapat menemukannya di blog ini menurut kategori yang anda inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar